Kamis, 07 Januari 2010

Sejarah Kampung Banyuurip 1/2

Jika anda menyusuri kampung-kampung di Surabaya, sesungguhnya kota ini awalanya berdiri karena kumpulan dongeng-dongeng. Cerita rakyat yang ditularkan melalui tradisi lisan ini kelak menjadi penanda banyak tempat yang terangkai menjadi sebuah kota.

Saya menemukan sebuah batu ceper yang menyembul diantara bangunan baru kawasan Puskesmas Banyuurip sekitar delapan tahun lalu. Saya mendapatkan informasi keberadaan batu ini dari sebuah tulisan kumpulan kisah cerita rakyat Surabaya yang ditelusuri sejumlah budayawan Surabaya antara 1980-1983.

Batu serupa lingga dan yoni itu nyatanya memiliki kisah yang panjang tentang kawasan Banyuurip dan daerah Simo. Kisah yang kelak paling tersohor dalam epos cerita ludruk.

“Batu ini ditemukan Joko Jumput yang kemudian dihadiahkan ke ibunya, Mbok Rondo Praban Kinco untuk dipakai membuat jamu. Jamu buatan Mbok Rondo ini diyakini tambah mujarab karena batu ini,” terang Supardi, seorang warga kelahiran Banyurip yang menulari cerita ini dari kakek buyutnya.

Namun sejak tiga tahun terakhir, Supardi harus rela minggir ke Sidoarjo karena rumahnya tergusur bangunan toko. Tetapi hampir sebulan sekali dirinya selalu mampir ‘menjenguk’ batu yang konon keramat ini.

Dari fakta sebuah batu, saya mencoba menelusuri ihwal nama Banyuurip. Cerita Supardi hanya menjadi pembanding dari banyak cerita tentang asal-mula Banyurip yang saya jahit menjadi catatan ini. Tidak ada kisah tertulis yang menerangkan daerah ini.

Kisah ini konon diawali dari persaingan cinta antara Pangeran Situbondo, putra Adipati Cakraningrat dari Sampang dengan Pangeran Joko Truno putra Adipati Kediri. Keduanya berlomba merebut Raden Ayu Probowati, putri Adipati Surabaya.

Probowati mengajukan syarat berupa kesanggupan sang calon untuk mbabat alas (membuka hutan. Red). Syarat yang jamak dilakukan pada setiap sejarah awal kekuasaan tradisional.

Pengeran Situbondo digambarkan adalah seorang kesatria yang kakinya cacat namun kemampuannya pilih tanding. Joko Truno yang merasa kalah sakti dengen Situbondo, meminta bantuan Joko Jumput, seorang anak penjual jamu dari kampung Praban.

Joko Jumput inilah yang kelak menjadi lelaki ketiga dalam persaingan Situbondo dan Truno. Yang paling kental adalah cerita Raden Situbondo pembuka hutan kawasan Kupang. Daerah ini ditemukan banyak kulit kerang alias kupang yang menggunung yang dijuluki Kerajaan Kupang, nama ini belakangan disederhanakan menjadi Kupang Kerajan.

BERSAMBUNG....
Pertigaan Banyuurip 1913. Tampak Gedung Setan yang masih berdiri hingga kini.

1 komentar: